Ahad, 28 Julai 2013

10 Benda Paling Kotor yang Kita Sentuh Setiap Hari

Berikut merupakan benda atau barang paling kotor yang sering kita gunakan, pegang, sentuh, atau pakai dalam kehidupan kita sehari-hari. Beberapa dari benda berikut ini mungkin sudah anda ketahui, tetapi beberapa lainnya mungkin tidak.

1. MULUT


Mulut merupakan benda terkotor yang kita sentuh. Mungkin memang kita tidak menyentuhnya, tapi bagaimana saat seseorang bersin? batuk? makan? meludah dan bahkan bernafas.

Semua bakteri yang ada di lingkungan kita, kemungkinan besar berasal dari mulut manusia. Mulut manusia sendiri merupakan rumah bagi sekitar 700 spesies bakteri yang berbeza. Walaupun begitu, tidak semua bakteri yang ada di mulut kita merupakan bakteri yang berbahaya atau buruk bagi kesihatan manusia. Ada beberapa bakteri yang berguna untuk membantu memproses makanan atau melawan bakteri 'jahat' atau buruk lainnya.

2. WANG


Setiap orang menyukai wang, tapi yang tidak disedari mungkin adalah bakteri yang datang bersamanya. Wang tersebut tentunya merupakan hasil dari pertukaran dari satu tangan ke tangan lainnya. Dimulai dari eksekutif sampai ke orang yang tidak memiliki rumah di pinggir jalan lalu sampai ke tangan anda. Tentu saja semakin kecil nominal wang tersebut semakin besar jumlah bakteri yang ada.

Tidak ada yang tahu bagaimana proses itu sebenarnya, akan tetapi seorang peneliti dari New York menemukan bahwa selembar wang dapat berisikan sekitar 126.000 - 135.000 bakteri. Bahkan peneliti dari Ohio menemukan bahwa selembar wang kertas dapat memiliki kemungkinan menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya.

3. TELEFON BIMBIT (HANDPHONE ATAU SMARTPHONE)


Telefon bimbit telah menjadi sebahagian dari kehidupan kita sekarang ini, bahkan dapat dikatakan hal kedua yang paling mungkin kita pegang setelah kita memegang wang. Terlebih handphone atau telefon bimbit itu bersifat hangat sehingga memperbolehkan bakteria untuk berkembang biak, dan penelitian menunjukkan bakteria di handphone dapat membuat infeksi kulit. Handphone sekarang ini lebih mengarah ke smartphone yang bersifat layar sentuh dan memiliki banyak hiburan, tentunya hal ini juga menyebabkan lebih banyak bakteria berada di smartphone itu.

4. KEYBOARD



Dalam era sekarang ini, komputer itu merupakan teman terbaik anda. Tapi tahukah anda kalau penelitian menemukan bahawa keyboard itu dapat lebih kotor dibandingkan tandas. Terlebih jika komputer itu merupakan komputer umum seperti pada perpustakaan, cyber cafe atau tempat hotspot internet yang menyediakan komputer untuk aksesnya.

Pernahkan anda melihat komputer di tempat umum dibersihkan dengan kompressor angin dan kain basah berdeterjen? Kerana itu adalah satu-satunya cara untuk membersihkan keyboard yang sangat kotor ini. Bahkan dalam beberapa penelitian, peneliti menemukan E.coli di permukaan keyboard.

5. TANDAS DUDUK



Mungkin hal ini sudah sangat umum dan tentunya anda sudah tahu. Statistik menunjukkan bahawa ada 295 bakteri untuk setiap inci permukaannya. Anda dapat mengurangi hal ini dengan membersihkan tandas anda menggunakan cairan anti bakteri. Memang tidak seburuk si toilet yang memiliki 3.2 juta bakteri, tetapi tetap saja itu merupakan salah satu benda terkotor di kehidupan anda.

6. SAKLAR LAMPU (TOMBOL LAMPU) DAN PEGANGAN PINTU



Anda baru pulang ke rumah dan melihat bahawa keadaan gelap tentu hal pertama yang anda lakukan adalah menyalakan lampu, tidak mungkin hal pertama yang anda lakukan adalah mencuci tangan dalam keadaan yang gelap gelita. Tentunya seseorang harus melakukan hal itu, baik untuk menyalakan atau mematikan lampu, dan sebelum Anda melakukan ini, hal paling pertama yang anda lakukan pasti adalah membuka pintu.

Terlebih jika saklar lampu dan gagang pintu itu berada di tempat umum seperti pejabat contohnya, dimana orang yang membuka, menutup, menyalakan dan mematikannya tentu berbeza-beza dan tidak ada yang tahu apa yang dilakukan orang tersebut sebelum ia melewati pintu dan memegang saklar lampu itu. Ditemukan bahawa untuk setiap inci saklar lampu ada sekitar 217 bakteri.

7. TROLI BELANJA (TROLI PASARAYA)



Bagi yang suka berbelanja di supermarket dan sejenisnya, bila kali terakhir anda menggunakan troli pasaraya? Bayangkan semua barang yang mungkin disentuh orang yang kemudian begitu mereka sampai di supermarket, mereka langsung mengambil troli.

Para peneliti Universitas Arizona menemukan bahawa troli memiliki bakteri, air liur dan senyawa pembuangan lainnya dari toilet umum hingga pegangan eskalator. Mungkin hal inilah yang menyebabkan banyak supermarket di luar negeri menawarkan anda untuk melap troli sebelum masuk ke pasaraya.

8. PERLENGKAPAN AREA BERMAIN



Bayangkan sebuah tempat bermain anak kecil dimana anak-anak kecil itu berlarian sehabis bermain di tanah, terkadang makanan tumpah, air liur, tangisan dan terburuknya muntahan. Mau seberapa sering-pun tempat itu dibersihkan, mungkin hanya dibersihkan dengan dilap saja dan tidak dibersihkan ke seluruh sisi perlengkapannya. Hal inilah yang membuat area atau lapangan bermain merupakan salah satu tempat terkotor bagi anak kecil.

9. PEGANGAN ESKALATOR



Tentunya eskalator  memiliki pegangan dan penggunaan eskalator ini tidak hanya 1 atau 2 orang, pasti sekitar puluhan ribu orang.

Dengan perhitungan matematik dasar seperti ini saja, maka kita sudah dapat membayangkan berapa banyak orang yang tanpa sadar saat menggunakan eskalator memegang pegangan eskalator tersebut. Maka didapatkanlah salah satu tempat terkotor yang sering anda temui.

10. BAK MANDI DAN TEMPAT CUCI TANGAN



Anda pasti tidak mengira bahawa salah satu benda paling kotor yang dapat anda sentuh merupakan tempat anda mandi dan cuci tangan. Bak mandi dan tempat cuci tangan merupakan rumah dari banyak bakteri berbahaya kerana anda mandi atau cuci tangan maka semua bakteria yang di tubuh anda akan mengalir ke floor drain (tempat pembuangan air) yang ada di bak mandi atau tempat cuci tangan. Bahkan penelitian menemukan bahawa bakteri yang ada di floor drain tersebut, lebih buruk daripada yang ada di tandas.

Mungkin anda memang tidak akan menyentuh drain tersebut, tapi bagaimana jika Anda berendam atau sedang ingin membersihkan rambut dan sebagainya yang ada di tempat itu?

1 comments: